• Breaking News

    OPM Adalah Pelanggar HAM Yang Sebenarnya

    OPM Adalah Pelanggar HAM Yang Sebenarnya

    Pemerintah telah melakukan berbagai upaya dalam perlindungan HAM bagi masyarakat Papua. Hal itu berbanding terbalik dengan kelompok separatis Papua yang seringkali melakukan kekejaman kepada Warga sipil. Maka tidak berlebihan jika kita menganggap Kelompok Separatis Papua sebagai pelanggar HAM sebenarnya.

    Ada indikasi semacan "playing victims", yang menyebutkan seolah-olah pemerintah dan aparat keamanan sengaja melakukan tindak kekerasan hingga pembunuhan, termasuk terhadap warga yang tidak bersalah di Papua. Bahkan, aktivis Veronika Koman getol memaksa Indonesia untuk membebaskan 56 aktivis Papua yang ditangkap saat berunjuk rasa meminta disintegrasi Papua dari wilayah NKRI.

    Sementara itu, pihak TNI merasa laporan lembaga pemantau hak asasi manusia Amnesty International Indonesia tidak berimbang dan hanya berat sebelah alias memojokkan aparat. TNI juga membantah keras tuduhan mereka atas pembunuhan puluhan warga Papua serta Papua Barat yang tidak pernah diusut. Mereka menyatakan tudingan pelanggaran HAM kepada aparat keamanan tersebut adalah fitnah.

    Kepala Penerangan Kodam Cenderawasih, Kolonel Muhammad Aidi, menjawab tuduhan Amnesty International, bahwa pihaknya telah bertindak berdasarkan kaidah dan kode etik, serta UU yang berlaku. Aidi justru menuturkan, kenapa mereka tidak membahas tentang kekejaman yang dilakukan oleh pihak KKSB baik terhadap aparat negara maupun terhadap warga sipil yang tak berdosa?

    Sejalan dengan pernyataan Aidi, Mabes Polri juga meminta Amnesty International Indonesia untuk berlaku lebih berimbang dalam memaparkan data soal pelanggaran HAM yang terjadi di Papua. Hal tersebut menanggapi data Amnesty yang menyebutkan  aparat telah mengeksekusi 95 warga sipil di Papua tanpa proses hukum yang jelas.

    Tindakan aparat di lapangan telah berdasarkan standar dan operasional prosedur yang jelas. Benar adanya, playing victims yang Amnesty International serta Veronika Koman lakukan. Mereka hanya menyoroti korban saja, tanpa menjelaskan secara rinci apa yang menimpa aparat keamanan saat bertugas disana. Apa yang dilakukan oleh para kelompok separatis terhadap TNI/Polri maupun warga.

    Karena yang sebenarnya terjadi adalah kelompok separatis OPM tersebut secara membabi buta membunuh, membakar rumah warga, menyiksa warga tanpa pandang bulu. Termasuk terang-terangan menyatroni pos polisi / TNI dan menyerang secara brutal. Inilah pelanggaran HAM yang sebenarnya, kelompok separatis OPM lah yang harus bertanggung jawab atas semua perbuatannya.


    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer