• Breaking News

    Dana Kampung Telah Diterima 93 Kampung di Kabupaten Jayapura

    Dana Kampung Telah Diterima 93 Kampung di Kabupaten Jayapura

    Sebanyak 93 kampung dari 139 kampung di Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, sudah menerima Bantuan Alokasi Dana Kampung (ADK). Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw mengatakan hingga kini 93 kampung dari 139 kampung di daerah itu, sudah menerima bantuan ADK sebesar Rp100 juta.

    Menurut dia, hal itu pertanda bahwa masyarakat siap untuk berkebun dan mengolah sumber daya alam (SDA) yang dimiliki. "Kalau terus makan makanan yang serba instan tidak sehat," katanya.

    Menurut Bupati, sembako yang selama ini dibagikan kepada masyarakat dari kampung ke kampung, adalah bahan produksi yang dibeli di toko dan semuanya memiliki masa berlaku dan bisa kadaluwarsa.

    "Dengan kembali ke kebun, maka semua pihak, baik pemerintah daerah, swasta dan masyarakat umum akan membeli dari hasil kebun yang kita kelola. Ke depannya harus seperti itu," ujarnya.

    Mathius menyebutkan kepala kampung harus memberikan sosialisasi dan edukasi yang benar dan jelas kepada masyarakatnya terkait proses penanganan Corona yang kini sedang dilakukan secara bersama, baik kabupaten, distrik hingga ke kampung-kampung.

    "Sembako dan bantuan-bantuan yang diterima selama ini bukan segalanya bagi masyarakat pemilik hak ulayat disini, harus kembali kepada jati diri kita, mengelola hutan, dusun, danau yang sudah Tuhan sediakan sejak beribu-ribu tahun lalu," katanya.

    Ia berharap masyarakat kembali ke kebun. Kembali ke kebun merupakan satu gerakan besar yang dilakukan secara bersama-sama di Kabupaten Jayapura. "Wabah COVID-19 ini kita belum tahu kapan akan berakhir, oleh sebab itu, gerakan berkebun menjadi pilihan utama bagi kita," ujarnya.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer