• Breaking News

    Surat Suara Pilkada Yalimo dan Merauke Sudah Siap



    Komisi Pemilihan umum (KPU) Kabupaten Yalimo memastikan telah menerima beberapa logistik Pilkada seperti surat suara, tinta dan kabel ties dan akan mulai ditindaklanjuti untuk proses pelipatan. Untuk pendistribusian akan dilakukan awal Desember mendatang dari Wamena menuju ke 5 distrik di Kabupaten Yalimo.
     
    Ketua KPU Yalimo, Yehemia Walianggen kepada Cenderawasih Pos via telepon selulernya mengatakan untuk logistik surat suara sudah tiba di Wamena. Dimana pihaknya sudah menerima dalam kondisi baik dan aman. Sementara untuk formulir itu masih dalam tahapan percetakan.

    “Logistik yang telah diterima surat suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Yalimo sebanyak 93.222 lembar atau 47 koli. Sementara untuk tinta itu ada 654 buah atau 2 koli dan alat pengikat atau cable ties sebanyak 984 atau satu koli yang semuanya disimpan di gudang logistik KPU Yalimo di Wamena,”ungkapnya.

    Menurut Walianggen, KPU sendiri memberikan waktu untuk seluruh logistik sudah terkumpul  semua termasuk kotak dan formulir itu akan diterima 27 dan 28 November. Untuk surat suara yang telah tiba saat ini secara resmi akan dibuka dengan mengundang Bawaslu, Polres Yalimo dan dua pasangan calon melalui tim suksesnya untuk selanjutnya mulai dilakukan pelipatan.

    “Saat ini kami sedang fokus terhadap logistic, bintek dan sosialisasi kepada jajaran serta masyarakat. Kita sudah buka surat suara yang diterima bersama-sama dan dipastikan dalam keadaan baik dan aman,”jelasnya

    Ia menyatakan untuk distribusi logistik semuanya akan dilakukan dari Wamena. Hal ini dikarenakan aktivitas penerbangan ke daerah yang hanya bisa dijangkau dengan pesawat hanya bisa dilakukan dari Wamena. Untuk itu, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Bawaslu agar semua aktivitas pendistribusian dari Wamena.

    “Di Wamena kita memiliki gudang logistik yang bisa kita tampung dan simpan kertas suara. Di Yalimo kami belum memiliki gudang logistic. Kami akan mulai distribusi logistik Pilkada Yalimo pada awal Desember mungkin dari tanggal 2 Desember,”bebernya

    Secara terpisah Komisioner KPU Yalimo dari Devisi Data dan Produk, Elius Wandik mengatakan KPU Yalimo secara resmi membuka logistik yang telah diterima. Setelah itu pihaknya akan memulai pelipatan surat suara dan melakukan pendistribusian ke 5 distrik yang ada di Kabupaten Yalimo.

    “Di Kabupaten Yalimo ada wilayah yang hanya bisa dilalui oleh jalan darat dan udara. Ada dua wilayah distrik yang hanya bisa dilalui dengan penerbangan yakni Welarek dan Benawa. Sementara untuk distrik Elelim, Abenaho dan Apalapsili bisa dilalui dengan jalan darat, sehingga kami akan siapkan di Wamena dan distribusi ke sana,”kata Elius.

    Dalam pendistribusian logistik nanti, akan dilakukan dengan pengawasan. Baik dari pihak keamanan maupun dari Bawaslu, yang bersama-sama untuk mendistribusikan.

    Adapun pelipatan surat suara kemungkinan baru akan dilakukan hari ini. Sebab waktu menurut Elius sangat terbatas. “Ada 327 TPS yang akan dibuka saat pencoblosan. Untuk sementara masih kekurangan formulir dan kotak suara yang masih dalam pencetakan. Dalam waktu dekat akan diterima.”tuturnya.

    Di tempat yang sama Komisioner KPU Yalimo dari Devisi SDM dan Parmas, Otniel Kirakla  mengakui setelah melakukan pelipatan, sebelum distribusikan KPU Yalimo akan memanggil masing-masing tim untuk membagikan koordinatnya. Setelah itu KPU akan menurunkan logistik di titik -titik yang telah disampaikan.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer